BREAKING NEWS

Thursday, May 10, 2012

Cara Mudah dan Praktis Flash Hp Nokia Sendiri Menggunakan USB

Cara Flash Handphone Nokia sendiri Menggunakan Software JAF Via Kabel USB


Sobat RI Zone mungkin ada diantara sobat yang mengalami masalah dengan ponsel nokia sobat sering restart sendiri, dihidupkan langsung mati dan masalah2 lain yang berhubungan dengan ponsel Nokia kesanyangan sobat simaklah JURUS JITU Nge- Flash HP NOKIA berikut ini.

Bacalah Petunjuk dibawah ini sebelum sobat memulai melakukan flash HP Nokia...!

1.   Flashing HP dengan JAF hanya untuk HP Nokia.
2.  JANGAN menggunakan /menjalankan aplikasi apapun pada saat FLASHING BERLANGSUNG karena itu dapat mengganggu proses FLASING sehingga proses flashing akan gagal.
3. Direkomendasikan untuk menggunakan user account baru untuk masuk windows sobat karena settingannya default, jadi tidak mengganggu proses flashing.

 Flashing Handphone sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Alat tersendiri, namun karena harga alat tersebut begitu mahal, saya mencari cara bagaimana melakukan Flashing dengan menggunakan Kabel Data USB. Flashing handphone dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan ODEON JAF dan Nokia Phoenix, namun yang paling mudah menurut saya adalah dengan menggunakan ODEON JAF, sebab saya belum pernah memakai Nokia Phoenix. Dalam kesempatan kali ini saya mencoba mengajari anda cara melakukan Flashing HP dengan menggunakan ODEON JAF. Langsung saja ikuti petunjuk yang saya berikan di bawah ini :

Software yang dibutuhkan :
1. Nokia PC Suite  KLIK DISINI untuk download Nokia PC suite terbaru.
2. ODEON JAF v1.98.62  KLIK DISINI  untuk Download satu paket dalam format RARfile
    (password RAR : randyikas.blogspot.com)
3. Download Firmware untuk HP anda, misalnya RM-495 untuk tipe nokia 5130c-2 XpressMusic seperti yang saya punya. Anda dapat menggunakan NAVIFIRM (Sudah satu paket download dengan ODEON JAF).

HARDWARE YANG DIGUNAKAN :
HP NOKIA dan KABEL USB YANG SESUAI DENGAN TYPE HP ANDA

Cara Kerja :
1.      BackUp semua data anda terutama Contact, Message, Calendar, dll pada Memory Card dan keluarkan “MEMORY CARD”. Sebab proses flashing akan menghapus secara keseluruhan data anda.
2.      Install Nokia PC Suite sesudah itu Restart Komputer anda.
3. Install ODEON JAFSetup, BUKA DIREKTORINYA (BIASANYA DI C:\PROGRAMFILES\ODEON kemudian ganti file pada direktori "C:\Program Files\ODEON\JAF\jaf_nok4models.ini" dengan file "jaf_nok4models.ini" yang terdapat dalam archive yang anda download.
4.      Matikan Handphone anda, [LEPAS MEMORY CARD DAN KARTU SIM] pasang kabel data USB dan hubungkan dengan computer, kemudian tekan tombol power sekali saja dan jangan tahan. Ini akan mengaktifkan USB ROM dan Generic USB Flasher. Tunggu sebentar. Kalau sudah, Kira-Kira 10 Detik.
5.      Jalankan Emulator JAF (OGM_JAF_PKEY_Emulator_v5.zip) yang sudah ada di file download. Pada Tab Step 1, pilih Random PKEY Raskal SN, kemudian melangkah ke Tab Step 2, pilih JAF (main), kemudian klik GO (launch selected EXE).



6.      JAF akan Terbuka , anda akan menemui pesan error (Error: BOX DRIVER NOT INSTALLED), klik OK Saja.
7.      Minimize Emulator, jangan ditutup. (Aplikasi JAF tidak dapat berjalan tanpa Emulator)
8.      Buka file Navifirm.zip yang ada dalam file .rar yang sudah ada download, lalu double klik file .exe nya. Fungsi dari Navifirm ini ialah untuk mendownload file firmware type HP Nokia anda, tanpa ini, proses flash tak akan bisa. Untuk tampilannya, bisa anda lihat dibawah ini.

9.   Lihat gambar diatas, dimulai dari sebelah kiri, ada daftar banyak jenis product/type hp nokia anda, silahkan pilih yang sesuai (kalau tidak ada, berarti type hp anda belum tercantum). Jangan lupa perhatikan kode RM-xxx yang ada disamping nama firmware sesuai hp anda. Lalu untuk Release, pilih yang paling bawah (mungkin yang terbaru). Kemudian untuk Variant, anda pilih terserah anda, tapi boleh pilih yang ada kata-kata Indonesianya. Terakhir, disebelah paling kanan, liat kanan atas klik opsi All untuk mencentang semua filenya, langsung anda klik tombol Download.
10. Setelah memilih Firmware HP anda yang akan anda download dengan Navifirm, letakkan hasil download tersebut dalam satu folder yang namanya adalah tipe Firmware HP anda, misalnya RM-237 (Untuk Nokia 3110c).
11.  Copy folder tersebut ke direktori “C:\Program Files\Nokia\Phoenix\products\RM-237” bila direktori tidak ada, silahkan anda buat folder baru sesuai dengan alamat direktori tersebut. RM-237 adalah Type HP saya (nokia 3110C), Untuk Type Firmware HP kalian Dapat Disesuaikan apa Typenya dan beri nama Folder “RM=237” dengan Type Firmware HP Nokia anda. Untuk ngeceknya tekan *#0000* ntar muncul di atas tulisan "©nokia" kalau di HP Anda. kalau HP nya mati, googling saja tentang type firmwarenya.
Dan ini adalah proses download firmware type hp anda dengan Navifirm:
12.  Kembali lagi pada aplikasi JAF, masuk ke Tab BB5 dan berikan tanda cek pada opsi Manual Flash dan Dead USB, hilangkan tanda cek pada opsi CRT 308 kemudian berikan tanda cek pada opsi Use INI.

13.  Tunggu sebentar, akan terbuka jendela kecil.
14.  Pada dialog Select Phone Model, silahkan pilih tipe Handphone anda, Misalnya RM-237 Nokia 3110c (sesuaikan dengan Type HP) . Jika sudah, klik OK.

Phone MODE Pilih "NORMAL" (pilihannya ada di pojok kanan bawah pada PHONE MODE)
15.   Sekarang klik FLASH, pada Warning dialog box yang akan muncul, klik saja Yes.
16.  Kemudian tekan tombol power pada HP anda sekali saja dan jangan ditahan.
17.  Proses flashing akan berjalan. Silahkan menunggu.
Baca Setiap Perintah/Berita yang ada dalam kotak , kalau diperintahkan “PRESS POWER ON NOW!” maka tekan tombol POWER, KIRA-KIRA 2 Detik sampai ada suara/notif lagi yang menandakan ada HARDWARE MASUK (Found).

Tunggu proses berjalan..
18.  Jika ada pesan yang muncul, OK, jika tidak, HP anda akan restart dengan sendirinya setelah selesai.
19.  Sekarang HP anda sudah diflashing, silahkan setting waktunya.

Berikut bukti kalau saya juga sudah mencoba flash hp saya sendiri dan berhasil, ini baru saja saya lakukan:
  

Warning (Peringatan)!:
Jangan sering-sering Nge-flash (nanti malah merusak ketahanan HP) JANGAN menggunakan memory card melebihi batas [semua yang berlebih itu tidak baik] Software yang digunakan untuk melakukan flashing yaitu Nokia Phoenix dan ODEON JAF serta tools pendukungnya yaitu Nokia Diego, Nokia PC Suite, dan SarasSoft UFS.
Source : nova13.com
 
Copyright © 2014 BLOG FOR EDUCATION